ORTO CENTRE

Tips Sukses Perawatan Behel

Mau tahu tips sukses perawatan behel? Silakan hubungi 021 8838 3632 untuk konsultasi dengan dokter kami

Tips Sukses Perawatan Behel

Ada yang berkata pakai behel gigi jadi rusak berlubang?  Sebenarnya efek samping dari perawatan behel bukanlah gigi berlubang, bila Kamu rajin membersihkan gigi mu. Malahan kalimat yang benar adalah bila gigimu berantakan tidak dibehel maka efek sampingnya adalah gigi berlubang rusak karena kamu sulit membersihkan sisa makanan diantara gigi yang berantakan. Gigi berantakan yang kotor memudahkan karang gigi dan gigi berlubang. Mari kita cegah gigi berlubang saat kamu perawatan Ortodonti  dan ciptakan perawatan ortodonti yang sukses dengan hal berikut:

  1. Rajin sikat gigi teratur. Gunakan sikat gigi khusus ortodonti. Sikat gigi ortodonti memiliki desain khusus. Sikat gigi ortodonti memiliki bulu sikat lebih halus dan lebih kecil ukurannya. Sikat gigi minimal 2x sehari. Bila kamu memakai kawat gigi lepasan maka gunakan sikat gigi biasa. Setelah membersihkan gigi, Anda juga perlu membersihkan behel gigi Anda.
  1. Gunakan dental floss secara benar. Untuk membersihkan sela sela gigi gunakan dental floss untuk menghilangkan plak(lapisan berisi bakteri). Hati-hati penggunaannya jangan terlalu keras menekan gusi dan tulang. Pasien tanpa pemasangam behel juga harus melakukan flossing apalagi kamu yang memakai behel:)
  1. Obat kumur non alkohol. Pilihlah obat kumur yang non alkohol. Obat kumur mengandung anti bakteri yang mampu membunuh bakteri .
  1. Pemilihan konsumsi makanan dan minuman. Makanan keras, kenyal, lengket baiknya dihindari. Semisal makan jagung hendaknya dipipil dahulu, memakan apel dengan memotongnya terlebih dahulu.
  1. Memakai sikat gigi interdental. Membersihkan sela gigi akibat makanan nyelip dapat menggunakan sikat gigi Interdental
  1. Gunakan wax ortodonti. Bila terjadi sariawan hendaknya perbanyak minum dan konsumsi buah-buahan serta letakkan wax ortodonti sebesar biji nasi ditempel pada breket yang berhadapan dengan luka sariawan. Gunanya agar tidak semakin mengiritasi sariawan kamu.
  1. Makan dengan menggunakan dua sisi rahang. Dengan seimbang menggunakan kedua sisi rahangmu maka kemungkinan terlepasnya breket semakin kecil. Dengan mengunyah satu sisi makan daya tekan kunyah besar dapat melepas breket di satu sisi tersebut.
  1. Kontrol secara teratur ke ortodontist. Perlu diperhatikan tipe perawatan behel memiliki waktu kontrol yang berbeda- beda. Ada yang 3-4 minggu atau 2 bulan.
Tips Sukses Perawatan Behel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top